Jumat, 28 Januari 2011

Jangan Sedih..Tetap Semangat!

Buat para orang tua yang memiliki anak down syndrome..jangan sedih ya..! Jangan malu atau merasa rendah diri. Justru kita harus punya semangat dan percaya diri untuk perkembangan yang lebih baik untuk anak kita tersebut.

Apa yang anda rasakan saya juga sudah merasakannya..Manusiawi banget kok kl kita merasa sedih, kecewa ataupun marah. Tapi hal tersbut jangan membuat kita terpuruk dengan keadaan. Kita harus bangkit! Kita harus pikirkan kedepannya untuk anak kita tersebut.

Kebanyakan para orang tua yang memiliki anak down syndrome ataupun kekurangan lain selalu 'menyimpan' anak tersebut. Perasaan malu diketahui orang lain. Tapi please..jangan seperti itu ya. Justru kita harus 'mengorbitkan' anak kita ini. Agar tumbuh rasa percaya diri mereka dengan baik. Banyak-banyaklah diajak keluar, agar mereka bisa bersosialisasi dengan lingkungan dan mengenal banyak orang. Perlakukanlah mereka seperti anak normal lainnya. InsyaAllah perkembangan merekapun bisa mendekati normal.
Saya jadi ingat masa-masa ketika melahirkan Aldi. Sediiiihhh banget..! Awal-awalnya pun saya sangat tidak percaya diri. Karena kebetulan Aldi lahir hanya berbeda 2 hari dari kelahiran sepupunya. Bayangkan, begitu terlihat perbedaan pertumbuhan Aldi dengan sepupunya. 

Contohnya, ketika usia 3 bulan sepupunya sudah bisa tengkurap. Tapi Aldi masih tergeletak lemah. Belum lagi di usia 9 bulan, sepupunya sudah bisa duduk Aldi baru bisa tengkurap. Perbedaan pertumbuhan inilah yang membuat saya miris dan bertambah sedih..Tapi saya terus berusaha memperlakukan Aldi seperti bayi normal. 

Selain pertumbuhan yang terlihat  jelas perbedaannya, ternyata jantung Aldi berlubang! Duuuhhh..gimana ga sedih waktu itu. Dokter jantungnya bilang cuma ada 2 kemungkinan, lubang nya ini membesar atau menutup. Kalau membesar, pada saat usia nya sudah cukup harus dioperasi. Pemeriksaan mulai dari setiap  1 minggu sekali, dua minggu sekali, 1 bulan sekali..Tapi alhamdulillah Allah memang sayang kepada saya. Ternyata Jantung Aldi menutup. 

Selain jantung juga dilakukan pemeriksaan Theroid, Mata, paru-paru dll semuanya biar tuntas. Alhamdulillah semua normal. 

Semua itu saya dan suami jalani dengan ikhlas dan sabar..karena kita percaya, Allah akan memberikan yang terbaik untuk Aldi.

Ya Allah, betapa bersyukurnya saya saat ini karena Aldi sudah tumbuh menjadi seorang anak 14 tahun..Ank yang penuh keceriaan..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar